Cloud Computing v.2

Harga komputer dari waktu ke waktu relatif sama. Namun, dengan harga tersebut, power dan kemampuan server yang didapat pembeli jauh meningkat seiring waktu. Hal ini telah menciptakan situasi di mana sangat sedikit kekuatan dan kinerja aktual komputer yang digunakan untuk menjalankan proses atau aplikasi. Beberapa studi pada server yang berbeda bahwa server yang paling modern hanya menggunakan 2-20% dari kapasitas mereka. Hal tersebut menunjukan penggunaan sumber daya yang tidak efisien. Bisnis ingin mendapatkan nilai lebih atas uang yang mereka keluarkan untuk server.

Salah satu manfaat utama dari infrastruktur virtual adalah bahwa seluruh mesin virtual memiliki standar hardware virtual, terlepas dari platform fisik dimana mereka dijalankan. Fitur ini menciptakan sebuah lingkungan utilitas komputasi dimana mesin virtual bisa berjalan pada server fisik apa pun yang digunakan suatu organisasi. Sebuah hypervisor hanyalah sebuah program yang memungkinkan beberapa sistem operasi untuk berbagi resource satu host. Memanfaatkan fitur lanjutan dari banyak hypervisors, seorang administrator dapat memindahkan mesin virtual yang sedang berjalan ke server fisik lain tanpa adanya interupsi atau gangguan ke pengguna yang sedag mengakses server virtual. Server fisik tua dapat diupgrade, diperbaiki, atau diganti, yang semuanya dilakukan tanpa perlu mengubah mesin virtual.

Fitur ini memungkinkan pemulihan secara cepat jika terjadi bencana atau pelanggaran keamanan di file konfigurasi virtual server. Virtual disk dapat disalin atau mengambil snapshot untuk kemudian dipindahkan ke fasilitas lain atau menggunakan penyimpanan lain secara terpisah untuk kemudian me-restart mesin virtual dalam sebuah lokasi yang berbeda tanpa perlu memperhatikan perbedaan perangkat keras fisik. Fitur ini memungkinkan untuk pemulihan mesin virtual dalam menit, bukan jam atau hari seperti jika menggunakan server tradisional.

Ada sisi-biaya lain yang juga harus dipertimbangkan saat menentukan nilai virtualisasi, seperti biaya port jaringan, sambungan listrik, pemanasan dan pendinginan, kebutuhan ruang, pemeliharaan dan upgrade, penggantian dan pembuangan peralatan, dan jumlah tenaga kerja yang diperlukan untuk mengelola dan memelihara infrastruktur fisik. Beberpa manfaat yang bisa diadapt oleh organisasi:

Mengurangi biaya hardware
Kebutuhan ruang dikurangi
Pemanfaatan server baru secara cepat
Ketersediaan tinggi (High availability/HA)
Hosting beberapa lingkungan (environments)
Pemisahan mesin-mesin virtual
Kemampuan untuk melakukan Test /Development suatu environment dengan mudah
Biaya pengujian perangkat lunak yang lebih rendah

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s