Evaluasi Terhadap Dua Homepage Bank Yang Saling Berkompetisi

Tadi pagi membuka Internet dan mendapatkan artikel dari blogger lain,cukup menarik sehingga saya posting disini.

Untuk mengerjakan tugas ini, kelompok kami mencoba mengevaluasi dengan membandingkan dua bank yang saling berkompetisi, yaitu

1. Bank BCA

Alamat website : http://www.klikbca.com/

2. Bank Mandiri

Alamat website : http://www.bankmandiri.co.id/

Dalam mengevaluasi untuk menilai kualitas dari suatu homepage, kami menggunakan beberapa tolok ukur/dimensi, yaitu :

1. Dimensi Aestetika :

Dimensi ini mengukur suatu home page dari sisi seni penampilan dan keindahan, baik secara tata letak ruang dan arsitekturnya.

2. Dimensi Kecepatan Akses :

Dimensi ini untuk mengukur kecepatan dalam melakukan akses proses masuk ke website dan proses transaksi.

3. Dimensi Keamanan (privacy user) :

Dimensi ini untuk mengukur tingkat keamanan terhadap data informasi yang bersifat pribadi nasabah dan proses transaksinya.

4. Dimensi produk yang ditawarkan :

Dimensi ini untuk mengukur variasi dari produk-produk yang ditawarkan oleh bank tersebut yang bisa dilakukan melalui Internet Banking.

5. Dimensi Kompleksitas dan Users friendly :

Dimensi ini mengukur tingkat kesulitan, kompleksitas, dan kerumitan yang dihadapi oleh seorang nasabah dalam melakukan akses terhadap produk yang ditawarkan dan proses transaksi melalui website tersebut.

6. Dimensi Informasi tambahan (help) :

Dimensi ini untuk mengukur kemampuan website memberikan informasi tambahan guna meningkatkan pemahaman nasabah terhadap produk yang ditawarkan dan juga kemampuan link terhadap sumber informasi lain.

Hasil evaluasi perbandingan antara homepage Bank Mandiri dan Bank BCA :

1. Dari sisi dimensi aestetika.

Karakteristik aestetika dari Bank BCA :

– Menggunakan tampilan animasi.

– Menggunakan kekuatan gambar manusia sebagai daya tarik.

– Kejelasan tampilan informasi.

– Menampilkan hadiah yang ditawarkan.

– Lebih bersifat marketable

Karakteristik aestetika dari Bank Mandiri :

– Bersifat sederhana, ringkas, tetapi memberikan informasi yang lengkap.

– Gambarnya lebih fokus pada produk yang ditawarkan

– Tata letak ruang informasi lebih didasari oleh struktur produk yang ditawarkan

Evaluasi kami dari sisi aestetika, Bank BCA lebih unggul daripada Bank Mandiri karena mempunyai daya tarik yang lebih baik secara desain, psikologis maupun marketable.

2. Dari sisi dimensi kecepatan akses.

Berdasarkan survey terhadap kecepatan akses yang telah kami lakukan pada hari sabtu, tgl. 28 Juni 2003, di warnet Joker, di jalan seturan sleman, hasilnya ialah :

Pada Bank Mandiri, mulai jam 10.15 WIB, dari lima kali akses rata-rata membutuhkan waktu 15 detik.

Pada Bank BCA, mulai jam 10.30 WIB, dari lima kali akses rata-rata membutuhkan waktu 8 detik.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kecepatan akses ke website pada Bank BCA lebih cepat dari Bank Mandiri. Tetapi pada dasarnya angka-angka tersebut tidak terlalu signifikan untuk diperbandingkan karena keduanya termasuk kategori cepat dalam mengakses website.

Disamping itu kecepatan computer sebagai sarana untuk komunikasi juga sangat perlu untuk dipertimbangkan.

3. Dimensi Keamanan (privacy user).

Karakteristik keamanan dari Bank BCA :

– BCA menggunakan teknologi Secure Socket Layer (SSL) 128 bit untuk memproteksi komunikasi antara komputer dan server BCA selama mengakses internet banking BCA.

– BCA mewajibkan nasabah untuk memasukkan user-ID dan Pin sebelum pelanggan diperbolehkan mengakses fasilitas internet banking.

– BCA mempunyai fasilitas keamanan yang dikenal dengan nama “Key BCA” yang akan memberikan suatu sistem keamanan berganda pada saat melakukan melakukan transaksi financial sebagai tanda persetujuan nasabah.

– BCA mewajibkan nasabah untuk memberikan alamat email pelanggan kepada BCA. Pihak Bank BCA nantinya akan menggunakan alamat email nasabah untuk mengirimkan kepada nasabah informasi atas transaksi finansial yang telah nasabah lakukan melalui internet banking.

Karakteristik keamanan dari Bank Mandiri :

-Aplikasi Internet Banking Mandiri dijamin kerahasiaan dan keamanannya, dalam hal ini Bank Mandiri menggunakan teknologi enkripsi Secure Socket Layer (SSL) 128 bit, yang akan melindungi komunikasi antara nasabah dengan server Bank Mandiri.

– Kemudian Bank Mandiri, untuk menambah keamanan digunakan metode time out session, dimana setelah 10 menit tanpa aktivitas nasabah, maka akses akan tidak aktif lagi.

– Untuk dapat mengakses Internet Banking Mandiri nasabah harus memasukkan terlebih dahulu User ID dan PIN, dan untuk keamanan nasabah diharuskan memasukkan kembali PIN untuk setiap transaksi yang bersifat financial.

– Internet Banking Mandiri juga memberikan informasi akses atau transaksi terakhir (historical data) yang nasabah telah lakukan pada saat login dan logout.

Kedua sistem internet banking baik Bank Mandiri maupun Bank BCA sudah mempunyai sistem keamanan yang cukup baik, keduanya menggunakan teknologi enkripsi SSL 128 bit dan kombinasi antara User-ID dan PIN untuk login. Bank BCA dari sesi keamanan secara keseluruhan lebih unggul daripada Bank Mandiri, Bank BCA mempunyai kelebihan adanya fasilitas Key BCA yang memonitor konsistensi nasabah dalam mengisi formulir dengan memberikan nomor khusus pada saat transaksi yang harus diisikan oleh nasabah pada kolom pengisian sehingga menandakan adanya interaksi antara server BCA dengan nasabah pada saat transaksi.

Bank Mandiri mempunyai kelebihan dengan menampilkan secara langsung historical data tentang waktu login dan logout dari transaksi sebelumnya yang dilakukan oleh nasabah. Jadi sistem ini juga sangat baik karena nasabah pada saat login dapat mengetahui aktivitas terakhir yang dilakukan, hal ini juga dapat mengidentifikasi kalau terjadinya kebocoran atau kebobolan sistem untuk bertransaksi yang dilakukan oleh pihak lain.

4. Dari sisi dimensi produk yang ditawarkan.

Karakteristik produk yang ditawarkan pada Bank BCA :

Produk yang ditawarkan oleh Internet Banking Bank BCA dikelompokkan menjadi kelompok individual dan bisnis.

Di dalam kelompok individual meliputi transaksi pembelian, pembayaran, transfer dana dan informasi rekening.

Dari kelompok bisnis, homepagenya tidak memberikan informasi yang jelas tentang produk yang ditawarkan.

Karakteristik produk yang ditawarkan pada Bank Mandiri :

(Internet Banking Bank Mandiri masih dalam taraf uji coba, untuk sementara waktu belum dapat melayani nasabah).

Seandainya sudah running, dari homepagenya dapat diketahui bahwa produk yang ditawarkan cukup bervariasi dan ditampilkan dalam bentuk menu-menu (yang terbagi dalam sub-menu) yang cukup mudah dilihat dan diakses.

Sekali lagi seandainya sudah running, internet banking Bank Mandiri lebih bervariasi dan banyak transaksi yang dapat dilakukan.

5. Dari sisi dimensi kompleksitas dan user friendly.

Karakteristik kompleksitas dan user friendly dari Bank BCA :

Dari feature produk yang ditawarkan sepertinya lebih kompleks dan cukup rumit karena nasabah harus melalui page-page yang bertingkat-tingkat untuk dapat melakukan transaksi.

Karakteristik kompleksitas dan user friendly dari Bank Mandiri :

Dari feature produk yang ditawarkan sepertinya lebih simple dan tidak terlalu rumit, karena untuk mengetahui atau melakukan transaksi nasabah tinggal memilih dengan me-klik sub-menu yang ditampilkan dalam homepage tanpa melalui page-page yang membingungkan.

Evaluasi kami dari sisi dimensi kompleksitas dan user friendly, homepage Bank Mandiri sepertinya lebih unggul, karena produk yang ditawarkan tergabung dalam satu homepage, kemudian macam transaksinya ada pada sub-menu yang apabila menginginkan transaksi tinggal me-klik kemudian login dan sudah mendapatkan formulir pengisian transaksi.

6. Dari sisi dimensi informasi tambahan (help).

Karakteristik informasi tambahan pada homepage bank BCA :

– Diberikan fasilitas help pada setiap feature produk yang ditawarkan.

– Ada informasi cara perhitungan kredit rumah

– Ada informasi cara perhitungan kredit mobil

– Ada informasi tentang nilai kurs dan harga saham (link dengan sumber informasi lain)

Karakteristik informasi tambahan pada homepage bank Mandiri :

– Ada informasi tentang nilai kurs dan harga saham (link dengan sumber informasi lain).

– Kurang ada penjelasan terhadap feature produk yang ditawarkan

– Ada informasi mengenai cara registrasi pada internet banking bank mandiri

Evaluasi kami dari sisi dimensi informasi tambahan, homepage Bank BCA lebih lengkap dan lebih memberikan informasi guna meningkatkan pemahaman nasabah terhadap produk yang ditawarkan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s