Perbedaan antara Port Forwarding and Port Triggering

Port Forwarding menyiapkan pelayanan publik pada jaringan Anda seperti server web, server FTP, e-mail server, atau aplikasi Internet khusus. Ketika pengguna mengirimkan jenis permintaan ke jaringan Anda melalui Internet, router akan meneruskan permintaan ini ke komputer yang sesuai. Hal ini dikonfigurasi di router jika Anda menggunakan komputer server atau server permainan.

Ada dua jenis Port Forwarding:

1. Single Port Forwarding
Tipe ini memungkinkan Anda untuk mengatur pelayanan publik satu per satu pada jaringan anda seperti server web, server FTP, server email, atau lainnya aplikasi Internet khusus. Sebelum menggunakan forwarding, Anda harus memberikan alamat IP statis untuk komputer yang ditunjuk.

CATATAN: aplikasi Internet khusus adalah setiap aplikasi yang menggunakan akses internet untuk melakukan fungsi-fungsi seperti konferensi video atau game online. Beberapa aplikasi internet mungkin tidak memerlukan forwarding apapun.

2. Rentang Port Forwarding 
Tipe ini memungkinkan Anda untuk mengatur pelayanan publik dalam kelompok yang berarti berbagai port, misalnya dari 20 ~ 25. Aplikasi tertentu mungkin memerlukan pembukaan port tertentu dalam rangka untuk itu berfungsi dengan benar. Contoh aplikasi ini termasuk server dan game online tertentu. Ketika sebuah permintaan untuk port tertentu datang dari Internet, router akan rute data ke komputer Anda tentukan.

CATATAN: Karena masalah keamanan, Anda mungkin ingin membatasi port forwarding hanya orang-port yang Anda gunakan, dan hapus centang kotak centangAktifkan setelah Anda selesai.

Port Trigerring set up router sehingga komputer akan dapat mengakses layanan publik di luar jaringan atau di Internet, seperti server web, server FTP, server email, server game atau aplikasi internet lainnya.

Untuk memahami perbedaan antara dua, lihat diagram di bawah ini:

Berdasarkan diagram di atas, pemain game menggunakan Pelabuhan Memicu untuk mengirim permintaan untuk mengakses server permainan. Permintaan akan dikirim dari komputer ke router pertama dan kemudian diarahkan langsung ke Internet. Ketika ini terjadi, permintaan, yang sekarang ini datang dari Internet, akan diteruskan ke Game Server oleh router. Proses di mana permintaan ke server Game dikirim oleh router didefinisikan sebagai Port Forwarding.

Contoh lain kapan harus menggunakan Port Memicu adalah ketika Anda tidak dapat men-download file sementara terhubung ke router Linksys. Proses download file ini disebut permintaan FTP. Permintaan FTP menggunakan port 20 dan Port 21, yang secara default, yang ditutup pada router Linksys. Karena komputer terhubung ke router Linksys, kedua port 20 dan 21 harus ‘dipicu’ dengan mengaktifkan Pelabuhan Memicu.

Port Forwarding digunakan ketika mengatur server publik saat terhubung ke router Linksys seperti FTP Server. Bila klien tidak dapat mengakses FTP Server yang terhubung ke router Linksys, port untuk FTP harus ‘diteruskan’ ke server untuk permintaan untuk diakui. Prosedur pembukaan pelabuhan dan mengarahkan ke komputer yang terhubung ke router Linksys disebut Port Forwarding.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s