Share

Berikut ini adalah copyan wawancara singkat saya dengan Om Himawan tentang pengalaman Belajar dan sertifikasi

silahkan simak;
a.Saya :
Dear Om Him,

Om Him sebelumnya pa kabar?
Om Him saya mau menanyakan tentang Ilmu yang saat ini Om punya disiplin ilmu yang banyak ,bukan hanya cisco CCIE tetapi CCSE,CISSP,CEH,CCSE dll ,

Nah yg saya tanyakan kenapa Om Him memilih Cisco sampai tahapan CCIE(Expert RS,Sec,ISP) padahal Om Him juga pernah belajar Ilmu lain (Security) sperti CCSE,CISSP,CEH, dll ,

Bagaimana dengan CISSP dan CEH dan CCSE dan SANS GIAC Firewall Analyst bukankan itu juga Ilmu dan sertifikasi yg expert dan gak mudah mempelajari itu sampai CISSP dll ?dan bagaimana karir ke depan dengan klo kita memilki CISSP dll?apakah lebih baguskah dari CCIE ?atau gmana om? mohon penjelasannya OM hIM,

Thanks Before,

Ahm

b.Himawan
Halo,
saya sebenarnya dulu fokus ke CCIE dulu. Begitu sudah lulus 1 dan bekerja lama jadi network consultant, terus mencoba belajar Linux, BSD, open source, security tools dll. Kebetulan pas di Gold Partner cisco selama hampir 5 tahun kerjaan saya kan semua yg berhubungan dgn network, termasuk security, wireless, IP phone, server dll.
Biar gampang saya ambil certificate nya misal Sun certified admin dan security, terus buat security pas belajar Checkpoint ambil CCSE, dilanjust ambil CEH, CISSP dan ketika tahu ada SANS GIAC ambil firewall analyst.
Saya sudah sempet mau ngambil RHCE dan juga SANS GIAC yg intrusion dan forensic.
Tapi terus saya ambil CCIE yg ke 2 di security, dan akhirnya memutuskan saya tidak mau fokus di security.
Saya orang infrastructure. Paling senang dgn teknologi spt NGN dan Service Provider.
Apalagi setelah join Cisco, akhirnya dapet kesempatan buat kerja di teknologi NGN, Carrier Ethernet, Mobile dll.

Intinya: temukan yg kita suka.
Tidak apa buat iterasi, atau mencari-cari apa yg disuka, tapi setelah tahu ya fokus ke sana.
Jadi skill nya mirip hurup T kan, tahu banyak walau gak dalam, dan tahu satu yg dalam bgt.
Hari ini saya bisa saja kerja di security, data center, IP telephony dll karena saya tahu walau tidak dalam dan saya pernah kerja di bidang itu juga.
Walau skill set saya yg paling dalam ya tetap NGN. Sesuai dgn fokus kerjaan sekarang.

Kalo komentar ttg sertifikasinya:
– CCIE kan hands on di lab, dan walau menguji materi networking (atau security di CCIE Security) tapi tetap ujiannya menggunakan produk Cisco, jadi prakteknya spesifik ke produk keluaran Cisco walau memang banyak sekali teori networking umum yg dipelajari
– CISSP itu lebih mengarah ke management security. Kalo punya CISSP doang tidak membuktikan jago security
Lebih cocok buat manager ketimbang engineer
– CEH cocok buat yg mau belajar teknis security, walau cuma teori dan gak terlalu dalam
– kalo mau belajar security yg benar-benar dalam cocoknya memang yg SANS GIAC
pas dulu ambil GCFW disuruh bikin design network security dgn firewall, IPS dll dan analisa kelemahannya
dulu sempat juga daftar buat yg GCIA dan dikasih log file asli dari honeypot, harus menganalisa attack-attack apa saja yg terjadi
Jadi ujiannya lebih real

Saran saya:
– kalo mau kerja di network ambil CCIE, skrg CCIE udah minimum dan mirip kayak punya S1 di bidang networking
– kalo mau kerja di security, kalo bener2 newbie bisa dimulai dgn CEH yg gampang
terus di lanjut dgn SANS GIAC, tergantung mau jadi apa
kalo bisa sih minimum FW, IA dan Forensic

Terntunya kalo mau jago security gak harus certified, hanya program ini memudahkan karena ada target belajar
Selain itu kalo perusahaan yg nyari intrusion analyst misalnya, kesempatan kita lebih besar kalo punya GCIA karena sertifikasi ini memang benar2 mengajarkan skill set buat jadi intrusion analyst

Good luck
H

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s