Penerapan Perangkat Wireless di Server/klien

Ada beberapa model penerapan WiFi WLAN sebagai AP di server (pemancar) dan station di klien (penerima) dengan menggunakan Radio WLAN indoor/outdoor, MOBO PC/Routerboard WLAN

Sebagai AP di Server (pemancar)

1. Radio WLAN outdoor
Biasanya menggunakan Radio WLAN dengan jenis antena built-in maupun external dengan model omnidirectional dengan sudut pancaran 360°, model sectoral dengan sudut pancaran 20°-180° ataupun grid/parabolic (termasuk kategori model sectoral). Jangkauan antena sectoral umumnya lebih jauh dari antena omnidirectional.


contoh antena external high gain omnidirectional, sectoral dan grid parabolic


contoh beberapa radio WLAN outdoor built-in antena dipasang di tower untuk mencover area 360°

Dengan beberapa Radio WLAN outdoor dengan built-in antena sectoral 20°-180° derajat dibutuhkan beberapa buah untuk menjangkau wilayah 360°. misalnya jika sudut pancaran radio WLAN sekitar 60°, maka diperlukan 6 buah Radio WLAN yang mengelilingi tower untuk mencover wilayah 360°.

2. Radio WLAN indoor + Antena external high gain
Radio WLAN indoor biasanya dilengkapi dengan antena standard jenis omnidirectional (360°) dengan gain kecil, bisa saja antena ini tetap digunakan jika Radio WLAN digunakan untuk outdoor namun jangkauannya tidak terlalu jauh, maka antena ini perlu diganti dengan antena external high gain yang secara fisik jauh lebih besar.


contoh radio WLAN indoor dalam box outdoor menggunakan antena omnidirectional maupun antena sectoral

Radio WLAN indoor dibungkus box outdoor dan antena external high gain omnidirectional maupun sectoral kemampuannya sudah cukup seperti Radio WLAN outdoor. Jika menggunakan antena jenis omnidirectional hanya dibutuhkan 1 buah Radio WLAN + box Outdoor untuk mencover 360°. Jika menggunakan antena sectoral 120°, maka dibutuhkan 3 buah radio WLAN+box outdoor+ antena sectoral 120° untuk mengkover wilayah 360°.

3. MOBO PC/Routerboard WLAN + Antenna external high gain
MoBo PC umumnya memiliki beberapa slot PCI yang bisa dipasang radio PCI/mini PCI WLAN, sedangkan routerboard memiliki 1-3 slot mini PCI WLAN, jadi sebuah MoBo PC/routerboard bisa dipasang beberapa radio PCI WLAN yang masing-masing radio PCI/mini PCI WLAN tersebut dihubungkan dengan antena external.


contoh MOBO PC/Routerboard WLAN+box outdoor+antena external high gain sudah cukup mampu melayani banyak klien

Sehingga kalau kita ingin menggunakan 3 buah antena sectoral 120° untuk mengcover wilayah 360° maka kita butuh sebuah MOBO PC/Routerboard dengan 3 buah radio PCI/mini PCI WLAN di dalamnya, yang masing-masing radio WLAN tersebut terhubung ke antena sectoral 120°.  Atau jika kita hanya menggunakan 1 buah radio PCI/mini PCI WLAN dalam sebuah MOBO PC/Routerboard untuk mencover wilayah 360° maka dibutuhkan sebuah antena external high gain omnidirectional.

Perangkat-perangkat di atas bisa digunakan di sisi server maupun klien namun pada umumnya di sisi server sebagai AP untuk kebutuhan p2p (point to point) bisa menggunakan Radio WLAN outdoor, radio WLAN indoor + antena sectoral/Grid parabolic ataupun MOBO PC/Routerboard+antena Sectoral/grid parabolic.
Sedangkan AP untuk kebutuhan P2MP (Point to multi point) biasa menggunakan radio WLAN outdoor, radio wlan indoor+antena omnidirectional/sectoral ataupun MOBO PC/routerboard +antena omnidirectional/sectoral.

Perangkat Wireless di sisi klien (penerima)

Sama seperti perangkat wireless di sisi server, di sisi klien perangkat radio WLAN indoor/outdoor, MOBO PC/Routerboard WLAN bisa dipakai di sisi klien, namun lebih bervariatif dalam menggunakan antena external untuk outdoor. Umumnya di sisi klien menggunakan antena jenis omnidirectional dengan gain kecil maupun antena sectoral yang sangat bervariasi.

berikut ini adalah contoh-contoh penggunaan Radio WLAN di sisi klien.

1. PC, Notebook/Laptop dengan radio WLAN (WiFi) built-in
Biasa dipergunakan untuk klien hotspot dalam ruangan atau wilayah yang jaraknya terbatas <100m dari radio WLAN AP (pemancar WiFi).

2. Radio WLAN indoor dengan antena standard gain kecil.
Dipergunakan juga dalam ruangan maupun outdoor ditambah dengan box pelindung. Jarak jangkauan <500m dari radio WLAN AP.

3. Radio WLAN indoor+box+antena external high gain
Dipergunakan untuk kebutuhan outdoor, dipasang di tiang dengan antena tambahan seperti antena yagi, antena kaleng, antena wajanbolic, antena sectoral grid, parabolic, dll. Biasa dipergunakan untuk jangkauan sekitar 500m hingga 5km dari radio AP.


contoh antena tambahan external model antena yagi

contoh model antena kaleng+USB WLAN


contoh model radio WLAN indoor+box+antena kaleng


contoh model radio WLAN indoor+box+antena wajanbolic


contoh model radio WLAN indoor+box+antena grid parabolic

4. Radio WLAN outdoor
Dipergunakan disisi klien umumnya untuk jarak yang jauh dari AP di atas 1 km atau untuk kebutuhan P2P (point to point)

5. MOBO PC/Routerboard WLAN+box+antena external high gain
Umumnya sama seperti Radio WLAN outdoor, digunakan di sisi klien untuk jarak yang jauh dari AP di atas 1 km atau untuk kebutuhan P2P.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s