Perangkat Wireless

umber wikipedia

Tower/Menara
Tower dipergunakan untuk memasang perangkat WLAN untuk melingkupi kawasan yang lebih luas dibanding dalam ruangan (indoor). Tinggi dan jenis tower disesuaikan dengan kondisi lapangan dan tujuan yang hendak dicapai dengan pembangunan RT/Rw-net, dilengkapi dengan penangkal petir.

Radio Wireless Access Point (Pemancar)
Perkembangan terakhir sekarang ini, sudah ada produk radio-radio outdoor yang harganya bersaing dengan harga radio-radio indoor, walaupun tidak banyak, namun lebih ekonomis dan praktis digunakan di sisi server sebagai AP maupun di sisi klien sebagai station.

Sebagian dari radio-radio AP indoor maupun outdoor bisa juga berfungsi sebagai router, bisa digunakan di sisi server maupun klien, tergantung kebutuhannya, namun lebih baik fitur2 router tidak digunakan bila melayani klien yang relatif banyak, agar dikhususkan hanya sebagai transmitter dan receiver agar radio tersebut tidak bekerja terlalu berat. Sedangkan fungsi router dikerjakan oleh PC router maupun routerboard di server.

Radio Wireless LAN (WLAN) di sisi server/klien

1. Model Radio WLAN indoor


contoh Radio WLAN AP, Radio WLAN AP-Router dan Radio USB WLAN model indoor

2. Model Radio WLAN outdoor



contoh Radio WLAN model outdoor

3. Model kombinasi Radio WLAN indoor+outdoor

– MoBo PC WLAN
Adalah motherboard PC yang berfungsi menjadi AP maupun router dengan menambah slot PCI dengan kartu PCI WLAN atau mini PCI WLAN, direkomendasikan menggunakan OS kernel linux khusus router seperti mikrotik, vyatta, maupun distro2 linux besar yang lain. Bisa digunakan indoor maupun outdoor dengan tambahan box pelindung, dan umumnya menggunakan pigtail dari radio PCI/mini PCI ke antena external high gain.


contoh motherboard PC berfungsi sebagai AP-Router menggunakan kartu PCI/mini PCI WLAN


contoh Radio PCI WLAN dan mini PCI WLAN

– Routerboard WLAN
Adalah motherboard mini yang khusus untuk berfungsi sebagai router maupun AP dengan menambah mini PCI WLAN.
menggunakan OS mikrotik maupun OS linux khusus router-WLAN, seperti open wrt, dll. Bisa digunakan indoor maupun outdoor ditambah dengan box pelindung,dan umumnya menggunakan pigtail dari radio mini PCI ke antena external high gain.


contoh routerboard dengan mini PCI WLAN untuk indoor dan outdoor

– Radio WLAN indoor untuk outdoor
Adalah Radio WLAN indoor yang dipergunakan untuk outdoor dengan menambah box pelindung agar terhindar dari hujan dan panas. Biasanya menggunakan tambahan antena external untuk memperkuat gain sinyal radio,dan umumnya menggunakan pigtail dari radio WLAN ke antena external high gain.


contoh Radio WLAN indoor+box pelindung untuk outdoor dan antena external tambahan

Pada prinsipnya radio WLAN indoor/outdoor, routerboard WLAN maupun MoBo PC WLAN memiliki kesamaan fungsi yaitu sebagai AP WLAN atau AP-Router WLAN, hanya beda bungkus, kemasan dan kemampuan serta tentu saja harga :D


isi dari Radio WLAN indoor (model USB) dan Radio WLAN outdoor.

Selain itu untuk Radio WLAN indoor, routerboard WLAN, atau MoBo PC WLAN yang dipergunakan untuk AP Outdoor lebih baik menggunakan antena external dengan gain yang besar, sedangkan Radio WLAN outdoor biasanya sudah termasuk built-in antena di dalamnya walaupun sebagian produk menambah fitur untuk bisa ditambahkan antena external tambahan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s