Fitur FreeBSD

TentangTeknologi FreeBSD
FreeBSD menawarkan banyak fitur canggih.

Tidak peduli apa aplikasi, Anda ingin sumber daya sistem, anda berkinerja potensi penuh mereka. FreeBSD fokus pada kinerja, jaringan penyimpanan, dan menggabungkan dengan sistem administrasi yang mudah dan dokumentasi yang sangat baik untuk memungkinkan Anda untuk melakukan hal itu.
Sebuah sistem operasi lengkap berbasis 4.4BSD.

Dibedakan akar FreeBSD berasal dari software release BSD dari Kelompok Riset Sistem Komputer di University of California, Berkeley. Lebih dari sepuluh tahun kerja telah dimasukkan ke dalam meningkatkan BSD, menambahkan industri terkemuka SMP, multithreading, dan kinerja jaringan, serta alat-alat manajemen baru, sistem file, dan fitur keamanan. Akibatnya, FreeBSD dapat ditemukan di Internet, dalam sistem operasi dari produk router inti, menjalankan root server nama, hosting situs web utama, dan sebagai landasan untuk banyak digunakan sistem operasi desktop. Ini hanya mungkin karena keanggotaan beragam dan seluruh dunia dari Proyek FreeBSD relawan.
FreeBSD menyediakan fitur canggih sistem operasi, sehingga ideal di berbagai sistem, dari lingkungan tertanam untuk high-end server multiprosesor.

FreeBSD 7.0, dirilis pada Februari 2008, membawa banyak fitur baru dan peningkatan kinerja. Dengan fokus khusus pada penyimpanan dan kinerja multiprocessing, FreeBSD 7.0 dikirimkan dengan dukungan untuk sistem file ZFS Sun dan kinerja multiprocessing sangat scalable. Tingkatan yang dicapai telah menunjukkan bahwa FreeBSD menyediakan dua kali kinerja MySQL dan PostgreSQL sebagai sistem Linux saat ini di 8-coreserver.

SMPng: Setelah tujuh tahun pembangunan pada teknologi dukungan SMP, FreeBSD 7.0 menyadari tujuan dari kernel halus memungkinkan skalabilitas linear ke lebih dari 8 core CPU untuk banyak beban kerja. FreeBSD 7.0 melihat sebuah penghapusan hampir lengkap dari Lock Raksasa, mengeluarkannya dari penyimpanan CAM lapisan dan klien NFS, dan bergerak ke arah yang lebih halus penguncian dalam subsistem jaringan. Kerja yang signifikan juga telah dilakukan untuk mengoptimalkan penjadwalan dan penguncian kernel primitif, dan ULE scheduler memungkinkan benang CPU afinitas dan per-CPU antrian run untuk mengurangi overhead dan meningkatkan cache-keramahan. Libthr paket threading, 1:1 menyediakan threading, sekarang default. Benchmark menunjukkan performa yang dramatis keuntungan atas lain ® sistem operasi UNIX pada hardware multicore identik, dan mencerminkan investasi yang panjang di SMP teknologi untuk kernel FreeBSD.
ZFS filesystem: Sun ZFS adalah negara-of-the-art sistem berkas menawarkan administrasi sederhana, semantik transaksional, end-to-end integritas data, dan skalabilitas besar. Dari penyembuhan diri untuk built-in kompresi, RAID, foto, dan manajemen volume, ZFS akan memungkinkan administrator sistem FreeBSD dengan mudah mengelola array storage yang besar.
10Gbps optimalisasi jaringan: Dengan perangkat dioptimalkan driver dari semua vendor jaringan 10gbps besar, FreeBSD 7.0 telah melihat optimalisasi luas tumpukan jaringan kinerja tinggi beban kerja, termasuk auto-scaling buffer socket, TCP offload Segmen (TSO), Large Menerima offload (LRO) , jaringan pengiriman tumpukan langsung, dan load balancing dari TCP / IP beban kerja selama beberapa CPU untuk mendukung kartu 10gbps atau ketika beberapa antarmuka jaringan sedang digunakan secara bersamaan. Penuh dukungan vendor tersedia dari Chelsio, Intel, Myricom, dan Neterion.
SCTP: FreeBSD 7.0 adalah implementasi referensi untuk Pengendalian Streaming IETF baru Transmisi Protokol (SCTP) protokol, dimaksudkan untuk mendukung VoIP, telekomunikasi, dan aplikasi lain dengan keandalan yang kuat dan kualitas variabel penularan melalui fitur seperti multi-jalan pengiriman, gagal-lebih , dan multi-streaming.
Wireless: FreeBSD 7.0 kapal dengan dukungan nirkabel secara signifikan ditingkatkan, termasuk kartu daya tinggi Atheros-based, driver baru untuk Ralink, Intel, dan kartu ZyDAS, WPA, pemindaian latar belakang dan roaming, dan 802.11n.
Arsitektur hardware baru: FreeBSD 7.0 termasuk dukungan meningkat secara signifikan bagi arsitektur ARM tertanam, serta dukungan awal untuk platform Sun UltraSPARC T1.

FreeBSD memiliki sejarah panjang sistem operasi pengembangan fitur canggih, Anda dapat membaca tentang beberapa fitur di bawah ini:

Sebuah memori virtual bergabung dan cache filesystem penyangga terus lagu jumlah memori yang digunakan untuk program dan disk cache. Akibatnya, program menerima baik manajemen memori yang sangat baik dan akses kinerja disk yang tinggi, dan administrator sistem dibebaskan dari tugas ukuran cache tuning.
Modul kompatibilitas memungkinkan program untuk sistem operasi lain untuk berjalan di FreeBSD, termasuk program untuk Linux, UNIX SCO, dan System V Release 4.
Soft Updates memungkinkan kinerja filesystem ditingkatkan tanpa mengorbankan keselamatan dan kehandalan. Ini analisis meta-data operasi filesystem untuk menghindari harus melakukan semua operasi mereka serempak. Sebaliknya, ia mempertahankan keadaan internal tentang tertunda meta-data operasi dan menggunakan informasi ini ke cache meta-data, operasi rewrite meta-data untuk menggabungkan operasi berikutnya pada file yang sama, dan menyusun ulang meta-data operasi sehingga mereka dapat diproses lebih efisien . Fitur seperti latar belakang pemeriksaan filesystem snapshot dan file sistem yang dibangun di atas fondasi konsistensi dan kinerja pembaruan lembut.
File snapshot sistem, memungkinkan administrator untuk mengambil snapshot sistem berkas atom untuk tujuan cadangan menggunakan ruang kosong dalam sistem file, serta memfasilitasi fsck latar belakang, yang memungkinkan sistem untuk mencapai modus multiuser tanpa menunggu pada operasi pembersihan sistem berkas menyusul pemadaman listrik.
Dukungan untuk Keamanan IP (IP Security) memungkinkan peningkatan keamanan dalam jaringan, dan dukungan untuk Internet Protocol generasi berikutnya, IPv6. Implementasi IPsec FreeBSD termasuk dukungan untuk berbagai perangkat keras kripto dipercepat.
Keluar dari kotak dukungan untuk IPv6 melalui tumpukan IPv6 KAME memungkinkan FreeBSD menjadi mulus diintegrasikan ke dalam lingkungan jaringan generasi berikutnya. FreeBSD bahkan kapal dengan banyak aplikasi diperluas untuk mendukung IPv6!
Multi-threaded SMP arsitektur mampu melaksanakan kernel secara paralel pada beberapa prosesor, dan dengan preemption kernel, sehingga tugas-tugas prioritas tinggi untuk mendahului kegiatan kernel kernel lainnya, mengurangi latency. Ini termasuk tumpukan multi-threaded jaringan dan subsistem memori multi-threaded virtual. Dimulai dengan FreeBSD 6.x, dukungan untuk VFS sepenuhnya paralel memungkinkan sistem file UFS untuk dijalankan pada prosesor secara bersamaan, memungkinkan berbagi beban CPU-intensif optimasi I / O.
M: N aplikasi threading melalui pthreads mengizinkan benang untuk mengeksekusi pada beberapa CPU dalam cara yang terukur, pemetaan benang banyak pengguna ke sejumlah kecil Entitas Kernel schedulable. Dengan mengadopsi model Aktivasi Penjadwal, pendekatan threading dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari berbagai aplikasi.
Netgraph jaringan stack pluggable memungkinkan pengembang untuk secara dinamis dan mudah memperluas tumpukan jaringan melalui jaringan berlapis bersih abstraksi. Node Netgraph dapat mengimplementasikan berbagai layanan jaringan baru, termasuk enkapsulasi, tunneling, enkripsi, dan adaptasi kinerja. Akibatnya, prototyping cepat dan penyebaran produksi layanan jaringan ditingkatkan dapat dilakukan jauh lebih mudah dan dengan sedikit bug.
TrustedBSD MAC Kerangka extensible keamanan kernel, yang memungkinkan pengembang untuk menyesuaikan sistem operasi model keamanan untuk lingkungan tertentu, dari menciptakan kebijakan pengerasan untuk menyebarkan kerahasiaan wajib berlabel kebijakan integritas. Contoh kebijakan keamanan mencakup Multi-Level Security (MLS), dan Perlindungan Integritas Biba. Modul pihak ketiga termasuk SEBSD, implementasi FLASK berbasis Penegakan Type.
TrustedBSD Audit adalah peristiwa keamanan layanan logging, menyediakan halus, aman, handal penebangan peristiwa sistem melalui jasa audit. Administrator dapat mengkonfigurasi sifat dan rincian penebangan oleh pengguna, melacak pengaksesan berkas, perintah dijalankan, aktivitas jaringan, sistem login, dan berbagai perilaku sistem lainnya. Audit pipa IDS memungkinkan alat untuk melampirkan ke jasa audit kernel dan berlangganan peristiwa yang mereka butuhkan untuk pemantauan keamanan. FreeBSD mendukung standar industri BSM audit trail format file dan API, yang memungkinkan alat BSM yang ada untuk menjalankan dengan modifikasi sedikit atau tidak ada. Format file ini digunakan pada Solaris dan Mac OS X, yang memungkinkan interoperabilitas instan dan analisis terpadu.
GEOM lapisan penyimpanan pluggable, yang memungkinkan layanan penyimpanan baru yang akan dikembangkan dengan cepat dan rapi terintegrasi ke dalam subsistem penyimpanan FreeBSD. GEOM menyediakan model yang konsisten dan koheren untuk menjelajahi kota dan jasa penyimpanan layering, sehingga memungkinkan untuk lapisan layanan seperti manajemen volume RAID dan mudah.
GEOM Berbasis Disk FreeBSD Enkripsi (GBDE), memberikan perlindungan kriptografi yang kuat menggunakan Framework GEOM, dan dapat melindungi file sistem, perangkat swap, dan penggunaan lainnya dari media penyimpanan.
Antrian Kernel memungkinkan program untuk merespon lebih efisien untuk berbagai acara termasuk asynchronous file dan soket IO, meningkatkan kinerja aplikasi dan sistem.
Terima Filter memungkinkan koneksi-aplikasi yang intensif, seperti web server, untuk mendorong bersih bagian dari fungsi mereka ke dalam kernel sistem operasi, meningkatkan kinerja.

FreeBSD menyediakan banyak fitur keamanan untuk melindungi jaringan dan server.

Para pengembang FreeBSD adalah sebagai mengkhawatirkan keamanan karena mereka tentang kinerja dan stabilitas. FreeBSD termasuk dukungan kernel untuk firewall IP stateful, serta layanan lainnya, seperti gateway IP proxy, daftar kontrol akses, kontrol akses mandatory, penjara-berbasis virtual hosting, dan penyimpanan cryptographically dilindungi. Fitur-fitur ini dapat digunakan untuk mendukung sangat aman hosting pelanggan saling tak percaya atau konsumen, partisi yang kuat dari segmen jaringan, dan pembangunan jaringan pipa aman untuk menggosok informasi dan kontrol arus informasi.

FreeBSD juga termasuk dukungan untuk perangkat lunak enkripsi, aman kerang, otentikasi Kerberos, “server virtual” dibuat menggunakan penjara, chroot-ing layanan untuk membatasi akses aplikasi ke sistem file, Secure RPC fasilitas, dan daftar akses untuk layanan yang mendukung TCP wrappers.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s