Nge-Block Site tertentu

Seperti yang saya lakukan dikantor kala itu dan kala ini agak gak diketatin heheh,karena sesuatulah..

Yaitu dilakukan pembatan pada akses web tertentu misalnya youtube,porn,tube 8 dll,kok hafal ?sering buka ya???nggak kok ini web yang saya list dari Operator warnet mengenai website yg menyajikan video porno dan semacamnya.loh berarti operator itu nonton juga dong ??iya bisa jadi hehehhe.

Okelah gimana sih cara membatsinya atau memblocknya?? saya tahun lalu juga pakai speedy ,helehh tahun ini juga masih kok(iya dipakai buat load balancing dengan IP ISP Lain dari ISP Max***** Nah Pembatasanya  seperti ini .

Kita bicara di level Provider dulu ya,katakanlah Sppedy yaitu Pihak Speedy mendaftarkan seluruh IP Address Speedy yang terdaftar, di gateway telkom akan membatasi seluruh IP tersebut untuk mengakses ke alamat yang di blok tadi. Nah Selain Telkom, juga ada beberapa ISP lain yang juga melakukan blocking karena ada keputusan pemerintah tentang pemblockan beberapa situs termasuk site adult tentunya selain youtube, situs seperti rapidshare.com, multiply, dan situs yang langsung menampilkan konten film tersebut juga ikut di blok.

Namun, ternyata pemblokiran URL tersebut sangat mudah sekali ditembus, caranya pun relatif sederhana, pengguna masuk ke sebuah alamat situs yang berisi isian alamat situs yang akan dituju, lalu bisa melewati blocking tadi.

 

Anonymizer adalah sebuah terminologi untuk ‘penyembunyi identitas’, membuat identitas kita menjadi anonymous ketika menjelajah dunia Internet. Ketika kita memasuki sebuah alamat di Internet, ada informasi yang kita bawa, dan bisa diketahui oleh alamat tujuan, salah satunya adalah IP Address yang ada dalam header HTTP. Header HTTP ini ada dalam sebuah request (permintaan) halaman HTTP untuk sebuah alamat tertentu.

Anonymizer adalah sebuah terminologi untuk ‘penyembunyi identitas’, membuat identitas kita menjadi anonymous ketika menjelajah dunia Internet. Ketika kita memasuki sebuah alamat di Internet, ada informasi yang kita bawa, dan bisa diketahui oleh alamat tujuan, salah satunya adalah IP Address yang ada dalam header HTTP. Header HTTP ini ada dalam sebuah request (permintaan) halaman HTTP untuk sebuah alamat tertentu.

Cara kerja Anonymizer

Anonymizer bekerja sebagai pihak ketiga antara pengguna dan alamat situs yang dituju. Tiap komputer yang tersambung ke Internet lewat ISP akan memiliki satu alamat IP, dengan mengetahui alamat IP kita, akan mungkin informasi probadi kita tersebar di Internet, misalnya IP 202.169.46.163 selalu membeli buku dari Amazon setiap awal minggu. Kemudian bisa banyak muncul kemungkinan cyber-crime, misalnya dengan me-redirect alamat web yang dituju ke sebuah alamat yang penyadap kehendaki. Dengan Anonymizer alamat IP kita akan disembunyikan dan informasi lain yang private, seperti ISP yang digunakan akan disembunyikan. Untuk kasus pemblokiran Speedy tadi, kita tidak akan dikenali sebagai pengguna Internet yang mengakses dari ISP nya Telkom. Ketika menggunakan Anonymizer untuk mengakses sebuah alamat di Internet, ada sebuah pihak ketiga sebagai perantara, ditunjukkan dengan gambar berikut :

diagram

Ketika kita mengakses sebuah halaman web melalui anonymizer, halaman itu juga di filter sehingga semua link juga dibuat anonim, sehingga tetap bisa terus dalam mode anonim, dan dapat menjelajah di halaman web yang di blok tadi.

Jenis Anonymizer

    1. Networked Design
      • Menambahkan delay waktu yang besarnya acak terhadap response yang dikirim kembali, hal ini akan menyulitkan analisis berbasis pola waktu.
      • Membuat request acak melewati banyak halaman web untuk menyamarkan request asal.
      • Ukuran cache dari halaman web yang besar, berdampak pada penyamaran response sebenarnya.

Anonymizer jenis ini, sesuai namanya, akan mentransfer komunikasi melalui jaringan komputer yang ada di Internet diantara komputer yang tersambung lewat ISP dan alamat yang dituju. Komputer Alice yang tersambung ke internet melalui Telkom Speedy misalnya, akan me-request sebuah halaman web dari http://youtube.com. Request ini akan melewati komputer Bob dan Caroll juga Danny yang terkoneksi dalam sebuah jaringan. Keuntungannya adalah untuk mempersulit analisis trafik data keluar-masuk yang terjadi ketika mengakses sebuah halaman, tentunya akan mengurangi vulnerability dari kita. Keuntungan yang Anonymizer tawarkan adalah mengurangi resiko dari analisis trafik, bentuk nyata perlindungannya adalah sebagai berikut :

Tentunya bentuk Anonymizer seperti ini hanya digunakan oleh organisasi besar yang memang membutuhkan security lebih, selain itu digunakan juga oleh lembaga analisis trafik jaringan, untuk mengevaluasi jaringan Internet.

    1. Single-Point AnonymizerAnonymizer jenis ini yang paling banyak digunakan, mekanismenya dengan melewatkan alamat yang akan dituju melalui sebuah web site untuk menyembunyikan identitas kita, kadangkala jalur komunikasinya diamankan dengan enkripsi. Bentuk Anonymizer seperti ini lebih sederhana, biasanya kita hanya menuju ke sebuah halaman Anonymizer (web proxy), kemudian mengetikkan alamat yang dituju (misalnya http://youtube.com), Beberapa Single-Point Anonymizer yang banyak digunakan antara lain :
      • Anonymouse
      • Unblockyoutube
      • AnonService
      • Anonymizer.com
      • Anonymize.net
      • Merletn.org
      • MuteMail.com
      • Psiphon
      • PublicProxyServers.com
      • Proxify.com
      • PurePrivacy.com
      • SilentSurf.com
      • Surfola.com
      • Ultimate-anonymity.com

Single-Point Anonymizer bekerja dengan cara menambahkan URL tujuan ke URL nya, misalnya saya akan mengakses youtube melewati Anonymouse, maka anonymouse akan membentuk URL :

http://anonymouse.org/cgi-bin/anon-www.cgi/http://www.youtube.com

Dengan menggunakan Anonymizer, informasi seperti IP address dan informasi terkait lainnya tidak akan diteruskan ke youtube, dan IP saya (203.130.226.203) yang merupakan IP dari ISP Telkom, tidak akan terlihat dan dianggap bukan dari site yang tidak boleh mengakses youtube.

Referensi

  1. How Anonymizer work. http://www.livinginternet.com/i/is_anon_work.htm . 2008
  2. Anonymizer, Inc., the global leader in online privacy and identity protection solutions http://www.anonymizer.com/. 2008
  3. Government Security http://www.governmentsecurity.org/ 2008

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s