Harga Seorang Hacker

Barusan membaca blog di suatu surat kabar lokal yang menulis tentang harga seorang hacker,hacker yang di maksud adalah orang Indonesia.dan ternyata hacker hacker Indonesia termasuk yang jagoan di Dunia,tapi sayangnya mereka kurang dihargai di negerinya sendiri,jika dibandingkan dengan Hacker atau pakar komputer di negara tetangga di Asia maka gaji mereka termasuk paling rendah.untuk lebih jelasnya saya copy-pastekan artikel dibawah ini;

hack

Jangan tertipu dengan penampilannya. Dia itu seperti anak muda pada umumnya. Tak ada tanda-tanda bahwa dia orang yang “subur” rekening banknya. Memakai jins lawas, kaus, serta sepatu kets, dia datang ke kantor Koran TempoSaat ditawari ingin makan apa, jawabannya juga sederhana–malah kelewat sederhana untuk orang seperti dia. “Pecel lele saja,” katanya.

Satu-satunya pembeda dia dengan kebanyakan anak muda adalah laptop Apple di balik tasnya. Laptop yang ditempeli aneka stiker kelompok bawah tanah Internet itulah mesin uangnya. Cukup duduk beberapa menit di depan komputer, lalu membiarkan jemarinya menari-nari di atas papan ketik, ia bisa menghasilkan duit ratusan juga hingga miliaran rupiah. Kalau saja ia mau “uang receh” dan mengorbankan kehormatannya, banyak yang menawarinya menjebol kata sandi surat elektronik Yahoo! atau Gmail dengan bayaran paling murah Rp 10 juta. “Tapi buat apa?” katanya.

Dari laptop yang warnanya sudah tak kinclong lagi itu, dia menjajakan jasa “satpam komputer”. Dia menguji keamanan sistem tagihan telepon yang pelanggannya bisa berpuluh-puluh juta, atau sistem komputer milik sebuah bank. Dialah yang memastikan bahwa tak ada lubang sekecil apa pun yang bisa dimasuki oleh para peretas komputer yang bengal atau hacker hitam.

Dulu, selepas SMA, pekerjaannya adalah merenung di ujung jalan, menawarkan jasa pembuatan kartu undangan, atau membuat kunci cadangan. Ia adalah penunggu yang sabar. Jalanan telah membesarkannya, juga membuatnya kukuh bagai karang. Begitu kenal dengan komputer, lelaki ini menjelma menjadi “penunggu” komputer yang sabar. Dia bisa tahan belajar di depan layar selama tiga hari nonstop tanpa tidur, nyaris tak keluar kamar, dan cuma ditemani mi goreng instan.

Lelaki itu adalah salah satu keajaiban yang dimiliki Indonesia. Tak banyak jago komputer Indonesia yang bisa berpenghasilan tinggi, apalagi cuma lulusan sebuah SMA kampung. Orang Indonesia yang “makan bangku sekolahan” tinggi, seperti Harvard atau Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat, gajinya pun tak tinggi.

Survei yang dilakukan majalah ZDNet Asia pada tahun ini menunjukkan bahwa gaji para jago komputer Indonesia ada di lembah paling rendah dibanding para koleganya yang bekerja di Hong Kong, India, Malaysia, Singapura, bahkan Filipina dan Thailand. Padahal, dua negara terakhir itu memiliki kemakmuran yang kurang-lebih sama dengan Indonesia.
Di Hong Kong, seorang jago komputer yang punya pengalaman lima tahun atau kurang rata-rata gajinya setahun mencapai US$ 42.360 (sekitar Rp 393 juta). Di Thailand dan Vietnam, gaji mereka mencapai US$ 10.809 (Rp 100,5 juta) dan US$ 6.893 (Rp 64 juta). Di Indonesia, nasib para pakar komputer itu tak selonggar di tiga negara tersebut. Gaji mereka setahun rata-rata cuma US$ 4.112 (Rp 38,2 juta). Itu artinya, gaji para jago komputer kita cuma sepersepuluh kolega mereka di Hong Kong.

Sahabat saya yang hacker, yang merevolusi hidupnya dari hacker jalanan menjadi pakar keamanan komputer korporat, itu sedih melihat data tersebut. “Orang-orang Indonesia kurang menghargai pentingnya informasi. Bingung, belingsatan, setelah sistem mereka jebol,” katanya sembari mencomot tempe goreng yang dihidangkan.

Komentar [37]

Feed  •   Trackback  •   Kirim Komentar

37 Komentar untuk “Harga Seorang Hacker”

  1. aespe | 26 June, 2008 10:37

    benerrr… yuk ke oztrali.. katanya butuh banyak orang IT :D

  2. Blog-nya Rantarou » Harga Seorang Hacker | 26 June, 2008 16:57

    […] source: Blog Tempo Interaktif […]

  3. ivn | 26 June, 2008 19:48

    begitulah hacker yang baik……….

  4. fR3dDy | 27 June, 2008 15:33

    Benar, Indonesia kurang menghargai pekerja IT .

  5. simpson | 28 June, 2008 13:10

    itulah indonesia! tidak bisa menghargai ketrampilan atau kemampuan seseorang yang padaz akhirnya membuat orang tidak perlu mengasah diri untuk trampil tapi bagaimana untuk korup

  6. Suhatman Dinata | 29 June, 2008 02:50

    sebenernya orang indonesia udah banyak yang merasa pentingnya sistem keamanan, hanya ilmu dan tingginya harga barang elektronik yang menjadikan kesulitan

  7. danoe | 29 June, 2008 23:03

    paradigma yang masih berlaku di Indonesia : gaji seiring sejalan dengan tingkat pendidikan. tak ada penghargaan terhadap otak manusia.

  8. mastenk | 1 July, 2008 22:08

    maka berlarianlah orang indonesia yg pingin ke luarnegeri dimana ilmunya lebih dihargai…

  9. Di2 | 3 July, 2008 05:50

    Mau tahu apa yang di hargai di indonesia ?, bukan otak dan integritas. betis mulus, jadi pejabat korup, ahli nipu rakyat, artis-artisan.

  10. triyono | 4 July, 2008 02:29

    Mungkin belum ketemu jalannya atau belum ketemu orang yang benar memerlukan, sehingga belum dapat melejit.

  11. dillah | 14 July, 2008 20:57

    ea sebangai orang indonesia, kita tidak hanya bisa menterpurukkan negeri ini. Alangkah baiknya kita sebagai penurus memperbaiki norma2 yang ada, sehingga negara kita bisa “up” seperti di negeri barat sana. Yang menghargai tidak hanya populatitas dan jabatan. Kalau kita hanya bicara dan tak ada tindakan, sama halnya seperti “tong kosong nyaring bunyinya”

  12. puspita | 16 July, 2008 10:36

    hidup hecker
    teruskan perjuangan mu……….

  13. aku | 24 July, 2008 13:33

    pn ya jd jago komputer?…hehehbiar kaya..kyk mrka haha

  14. sukma wijaya | 12 August, 2008 14:48

    indonesia mang aneh broo..
    trus cara jadi hacker gy mana eung…????

  15. Anis S. | 1 September, 2008 13:43

    Wah..kayaknya hacker yang baik pun perlu punya manager…kayak artis begitu..biar niat baiknya mendapat penghargaan yang pantas, punya daya tawar lebih tinggi sesuai kemampuan yang dijanjikan.

  16. sudirman | 2 September, 2008 13:02

    gimana caranya biar pintar seperti sahabat kita yang hacker itu?

  17. the_demite | 11 September, 2008 10:29

    He he hacker yang alim..

  18. jan_11shs | 12 September, 2008 14:33

    good idea !!

    kalo semua anak muda gitu inonesia bisa maju

  19. Binus Hacker » Hacker Indonesia [-] Indonesia Hacker | 20 September, 2008 10:11
  20. wawan | 20 September, 2008 12:50

    selamat buat mas hacker yang punya moral semoga mendapat rijqi yang seimbang

  21. frull | 1 October, 2008 02:28

    kekurangan kita adalah rendahnya rasa berbagi, tingginya ego, dan kurangnya teman. serta terlalu tunduk dengan aturan yang banyak tidak masuk akal, (aturan indonesia sudah tua kawan) kitalah yang mesti merubahnya.

    kalo itu semua jadi, pasti banyak yang mendapatkan keuntungannya.

  22. peacemaker | 9 October, 2008 01:57

    gw seneng krn masih ada hacker yg gak jadi cracker…..
    i love you guys…
    see u next time

  23. never_6iveUpxXx | 11 October, 2008 22:35

    ajarin donk caranya jadi ahli komputer,,
    saran atau apalah,,

  24. xXx | 19 November, 2008 12:50

    Lah si Jim diwawancara ama Tempo, baru tau gw

  25. Uncut Version » Blog Archive » Renungan : Nilai Seorang Expert Computer | 8 December, 2008 22:08

    […] http://blog.tempointeraktif.com/?p=245 Leave a Comment […]

  26. hacker | 14 February, 2009 11:54

    wah …. semua penatku selama ini kamu luapkan terima kasih sahabat

  27. very | 9 September, 2009 15:54

    mas Hacker KaLo Bisa Ilmu nya Bagi kita OraNg indonesia…Supaya OranG Luar Negri Bisa takut Pada Bangsa Ini tHank`s Kalo nga Keberatan

  28. yoedy as | 12 October, 2009 20:00

    btul skali inilh negara kita bung…
    yg hnya ingin senangnya sj dan tak menghrgai js seorg hack..

  29. yoedy as | 12 October, 2009 20:08

    jg slalu memndang negtif pr hack2 indonesia,,
    seorg hacker jg punya pmikiran yg pasti n msih punya hti…

  30. FAni | 17 October, 2009 15:39

    mas bisa ajarin aku?
    biar jadi hacker…hehehe

  31. reyhan | 13 December, 2009 23:54

    pengajuan,,, bagi siapa yang mau mengajari aku MENJADI HECKER aku bayarr ,, tlong saya mohon dngan sangat saya pengen sekali menjadi hecker ,, cita2 saya dari kecill . tapi sapa yang bisa ngajarin,, hecker aja pada di tngkap polri,, MOHON DNGAN SANGAT,, rey 085725880003 , trims

  32. deded | 8 February, 2010 16:29

    ada kursusan private gak … ikutan ya!!

  33. stevany ivanov | 25 September, 2010 14:13

    aq ingin pandai hecker, akan aq gunakan untuk kebaikan..ad yg mau ajarin aq g’?

  34. hara | 28 December, 2010 17:52

    lo aQ sech G Bs mu NyalahiN iNdonesiA..aQ hxa Bs NGAtain DPR TAik Anjing Aj..wkwkwkkk..

  35. ardi | 15 January, 2011 14:36

    kalo gitu wahai para hacer indonesia,marilah kita bersatu!!!!!
    kita berjuang bersama untuk kemajuan indonesia raja!!!!

  36. avatar | 17 March, 2011 16:24

    Saya membutuhkan jasa hacker buat project saya hubungi 081511189363

  37. Yudha wira pratama | 11 April, 2013 21:33

    Orang indonesia blm paham akan adanya bahaya didunia, makanya orang indonesia menganggap remeh HACKER