Virtualisasi

Teknologi Virtualisasi yang sudah berkembang pesat memunculkan peluang-peluang baru. Perusahaan raksasa IT berusaha membangun platform yang terbaik untuk memanfaatkan teknologi virtualisasi ini.

Adanya virtualisasi memicu munculnya jargon marketing tentang cloud computing. Dimana gagasan ini berusaha untuk memanfaatkan semaksimal mungkin kemampuan internet dengan teknologi IT yang lebih baru. Muncul layanan baru berbasis sewa (hosted). Baik menyewakan sistem operasi virtual, aplikasi maupun storage.

Perkembangan tersebut memunculkan istilah Private Cloud dan Public Cloud. Pada Private Cloud memiliki infrastruktur sendiri, sedangkan pada Public Cloud infrastruktur digunakan bersama-sama.

Microsoft mengeluarkan platform yang mendukung layanan Cloud Computing. Platform tersebut dikenal dengan istilah Microsoft Cloud Computing Platform.

Platform yang dikembangkan oleh Microsoft bertujuan untuk menyediakan infrastruktur dan layanan siap pakai. Infrastruktur yang dikembangkan mengacu pada Dynamic IT. Infrastruktur yang bisa dinamis mengikuti perkembangan bisnis.

Untuk layanan infrastruktur, Microsoft menggunakan Hyper-V sebagai tulang punggung untuk virtualisasi. Didalamnya ada layanan server virtualization, desktop virtualization, virtualization management serta cloud computing.

Server virtualization menggunakan Hyper-V sebagai pondasi utama.

Desktop virtualization menerapkan pembagian pada operating system virtualization, application virtualization serta data dan user setting.

Virtualization Management menggunakan System Center Virtual Machine Manager yang dikombinasikan dengan System Center Operation Manager dan System Center Data Protection Manager.  Digunakan untuk mengelola server.

Cloud Computing menawarkan layanan Windows Azure untuk public cloud serta private cloud berbasis teknologi virtualisasi yanga ada. Layanan private dikelola melalui Dynamic Data Center Toolkit.1

Pada training akademi kali ini IT Pro berpengalaman dalam virtualisasi akan belajar bagaimana memanfaatkan Hyper-V untuk melakukan tugas-tugas penting dalam Server 2012 platform Windows. Kursus-kursus pelatihan Microsoft juga mencakup alat untuk VMWare integrasi dan migrasi, serta fitur dan kemampuan dalam Windows Server 2012 yang memungkinkan pelanggan untuk mengambil keuntungan dari penghematan biaya virtualisasi dan membuat penggunaan optimal dari investasi hardware server, termasuk Hidup Migrasi dan kemampuan untuk menjalankan mesin virtual yang lebih besar pada host fisik.Materi kursus ada disini

Modul

Introduction to Hyper-V Jump Start

Microsoft Virtualization for VMware Professionals Jump Start