DOS di Linux

linux_penguin-580-90Linux mendukung lebih banyak pengguna daripada emulator yang harapkan. Sistem Linux dapat menangani banyak arcade yang berbeda dan permainan emulator konsol serta emulator untuk prosesor yang berbeda. Namun, perangkat lunak emulasi yang paling mengejutkan yang ditawarkan Linux adalah emulasi untuk DOS (Disk Operating System). Ini mungkin terdengar aneh, tetapi Linux dapat menjalankan DOS, tetapi tidak untuk tujuan banyak pengguna akan menebak – game. Ada DOS emulator, dan beberapa lebih baik dari yang lain. Dua yang paling populer dan stabil untuk Linux adalah DosBox dan dosemu.Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Artikel ini akan membahas menggunakan DOS di Linux untuk gaming.

Instalasi:

Untuk menginstal DosBox dan dosemu pada Linux misal  Ubuntu “sudo apt-get install DosBox dosemu”. Baris ini adalah perintah untuk  menginstal kedua emulator. Pengguna akan diminta untuk  memasukkan password. Atau, pengguna dapat menggunakan manajer paket untuk menginstal DOS emulator dengan mencari “DosBox” dan “dosemu”. Pengguna kemudian dapat memilih dua aplikasi atau masuk ke pilihan Package Manager untuk menginstal paket.

Tentang DosBox dan dosemu:

DosBox adalah gratis, program open-source yang ditulis dalam C dan C + +. Ketika pengembang menciptakan DosBox, tujuan penggunaan adalah untuk bermain game DOS. Ini adalah sebuah emulator yang berarti bahwa ini tidak benar-benar DOS oleh Microsoft. The DOS emulator berpura-pura atau bertindak seperti DOS. Jika saya ketik “ver” perintah DOS, emulator mencetak informasi DOS nyata akan mencetak. Microsoft DOS adalah makna milik bahwa itu adalah non-bebas, program closed-source. Jadi, pengguna Linux tidak dapat secara legal menggunakan nyata DOS. Untungnya, pengguna Linux bisa menggunakan DOS ditiru.

Aplikasi DOS yang pernah berjalan pada prosesor i386 dapat berjalan di DosBox pada setiap prosesor modern. DosBox membuat ini semua mungkin karena emulasi hardware. Sejauh program DOS yang bersangkutan, mereka berjalan pada i386 tua. Namun, mereka tidak dapat mendeteksi bahwa mereka berjalan pada sistem modern. The DOS emulator bahkan akan memungkinkan penggunaan beberapa perangkat USB.

DOSEMU (Disk Operating System Emulator) tidak lagi didukung, tetapi banyak pengguna Linux masih menggunakannya. Abandonware ini menggunakan konsep yang sama seperti DosBox, kecuali ia tidak mendukung perangkat USB. Secara keseluruhan, DosBox memiliki lebih banyak fitur dan persaingan lebih baik dari dosemu.

Secara umum, emulator DOS tidak memiliki tujuan yang dimaksudkan untuk penggunaan bisnis. DOS emulator memungkinkan pengguna Linux untuk bermain game abandonware DOS. Dalam dunia Linux, emulator DOS dianggap permainan. Beberapa pengguna mungkin menemukan non-game menggunakan untuk emulator ini seperti mengajar dan belajar DOS, secara keseluruhan, ini adalah emulator hanya permainan untuk pengguna Linux.

Hal ini biasanya hukum untuk men-download game DOS asli, dan beberapa pengembang telah didesain ulang beberapa permainan DOS. Sebelum men-download game DOS asli, pastikan  legal . Biasanya, abandonware adalah legal untuk diunduh  dan didistribusikan, tetapi tidak selalu.

Menggunakan DosBox untuk Gaming:

Pertama, membuat folder dalam direktori home user berjudul “dosprogs”. Selanjutnya, DosBox terbuka dan mengetikkan “mount c ~ / dosprogs”. Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk mengakses file dalam folder dosprogs yang telah dibuat. Sekarang, ketik “mount c ~ / dosprogs”. Perintah ini akan membuat folder dosprogs bertindak sebagai drive C. Untuk mengakses folder, ketik “c:”. Dengan mengetik “dir” pengguna dapat melihat isi dari drive virtual C. Bila menggunakan sistem Linux, tempat DOS permainan hukum dan aplikasi dalam folder dosprogs. Kemudian, ketika menggunakan DosBox, ketik nama executable yang akan digunakan. Misalnya, jika pengguna ingin bermain “some_game.exe”, mereka akan ketik “some_game.exe”.
dosbox
Untuk membuat dosprogs otomatis me-mount ke drive virtual C ikuti petunjuk ini. Pada DosBox, ketik “config-writeconf / home / USERNAME / dosbox.conf” (ganti USERNAME dengan username Anda). Ini akan membuat file konfigurasi untuk DosBox. Setelah menutup DosBox (ketik “exit”), mengedit file konfigurasi dan pergi ke baris yang berisi “[autoexec]”. Pada jenis baris berikutnya “mount c ~ / dosprogs” dan pada jenis baris berikut “c:”, ketika selesai, simpan file tersebut. Sekarang, ketika DosBox dimulai, baris tersebut akan dieksekusi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses game lebih cepat karena DosBox akan startup di folder game.

CATATAN: dosprogs dapat memiliki nama apapun. Sebagian besar pengguna nama itu dosprogs, tetapi merasa bebas untuk memberikan nama seperti “Game” atau “dos_games”.

Menggunakan DOSEMU untuk Gaming:

Pada DOSEMU, gamer dapat mengakses permainan DOS dengan pergi ke drive D (ketik “d:”). Drive D adalah folder home pengguna pada sistem Linux. DOS gamer mungkin harus membuat folder pada sistem Linux berjudul “dos_games” dan menempatkan permainan mereka di sana. Kemudian, untuk mengakses game dari DOS, ketik “d:” dan kemudian “cd dos_games”. Untuk memainkan game, ketik nama file game. Misalnya, untuk bermain “fun_game.exe” tipe “fun_game.exe”.

 dosemu

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s