Migrasi profesi ke SAP

sapCerita ini subjeknya bukan gue,jadi jangan ada yang nanya loe udah pindah bidang Mas?tentunya tidak ,ini adalah cerita bagaimana pindah backgroud yang semisal berasal dari core system administrator atau programmer bahkan manager proyek atau database administrator atau yang lain kemudian pindah ke SAP ,literratur ini saya dapatkan dari sumber ,sialhkan dibaca baca

Otto Gold, seorang SAP Consultant di Xiting AG, berbagi tentang beberapa pengalamannya dengan HR dan pihak rekrutmen dan telah menjawab banyak pertanyaan dari para perekrut tentang “orang macam apa yang saya butuhkan untuk pekerjaan tersebut ?”, Ia pernah mencoba untuk membantu mantan rekannya di perusahaan untuk membantu “membaca dan memahami” resume yang ia baca dan mencoba untuk memutuskan apakah orang-orang yang memenuhi syarat untuk pekerjaan SAP.

Mari kita membayangkan ini adalah percakapan antara Anda dan pewawancara Anda.

Dear Mr Newbie, bisa Anda ceritakan tentang latar belakang Anda terlebih dahulu. Apa yang bisa Anda katakan tentang pendidikan Anda? Apakah Anda telah lulus di bidang IT / Bisnis atau pendidikan yang lainnya?

Jawaban A: Ya, saya telah mempelajari IT, saya telah menghadiri beberapa kelas pemrograman, saya tahu sesuatu tentang pola, pembangunan lingkungan, sistem, analisis, Blueprinting, dst.

Bagus, Mr Newbie. Anda bisa menjadi developer SAP. Itu berarti Anda dapat melakukan beberapa pemrograman Java, yang mungkin adalah salah satu bahasa yang telah digunakan sebelumnya dan Anda akan dapat pindah ke ABAP, yang merupakan bahasa pemrograman khusus SAP. Tentu saja Anda dapat bekerja dalam beberapa peran lain di SAP, tetapi pendidikan Anda akan membantu Anda untuk memulai dengan ABAP.

Dengan keterampilan pemrograman, akan sangat penting untuk secara tepat menggambarkan pengalaman kerja Anda sebelumnya : sampaikan secara tepat bahasa pemograman apa yang dapat Anda gunakan, proyek apa yang telah Anda kembangkan untuk mendukung statement tentang bahasa pemograman yang dapat Anda gunakan.

Bagi seorang yang memiliki pengalaman misalnya Java yang kuat, akan Anda akan mendapat kejutan kecil untuk memulai dengan berkerja dengan ABAP, tapi itu tidak akan menjadi masalah serius jika Anda bekerja keras. Anda dapat melanjutkan dengan Java di SAP juga, Anda dapat melakukan beberapa WebDynpro Java (pengembangan web untuk SAP). Java sangat berguna dalam beberapa bidang SAP lain juga.

Sangat penting bagi setiap orang dalam SAP untuk memahami SQL dan desain database. Jika Anda memiliki pengalaman yang berguna sebelumnya dengan SQL / DB pemrograman dan desain, sampaikanlah tentang hal itu.

Jika Anda memiliki latar belakang IT tapi tidak suka pemrograman, selalu ada beberapa integrasi, administrasi, konfigurasi di SAP untuk Anda. Orang-orang seperti ini dapat masuk ke basis misalnya. Itu berarti tanggung jawab Anda kurang lebih menginstal sistem, memelihara sistem, menyempurnakan kinerja sistem, mempertahankan landscape, dll. Atau Anda dapat melakukan BW. Data Warehousing dan pelaporan cukup dibutuhkan. Atau Anda bisa mulai dengan integrasi menggunakan SAP PI / XI (pesan alat untuk integrasi sistem, seperti MS BizTalk misalnya).

Yang penting adalah untuk memutuskan apakah Anda memiliki kemampuan pemrograman yang kuat untuk menjadi seorang developer dan apa Anda ingin menjadi salah satunya, atau Anda ingin pergi ke bagian administrasi dan lebih ke arah teknis aplikasi SAP atau Anda memiliki kemampuan (manajemen, pengalaman domain yang kuat) yang dapat membantu Anda memulai dalam setiap peran tim  lainnya dalam SAP.

Jawaban B: Ya, saya telah mempelajari ekonomi (atau bidang terkait), saya memiliki pengetahuan menyeluruh tentang bisnis. Aku tahu bagaimana cara kerja perusahaan. Saya tahu bagaimana proses kerja, bagaimana proses dirancang, didukung sistem ERP / sistem informasi, dll. Saya memahami nilai uang, orang-orang dan harmoni antara semua aspek.

Bagus, Mr Newbie, Anda dapat bekerja dengan SAP. Tapi aku ingin bertanya tentang keterampilan teknis Anda. Anda dapat melakukan beberapa pemrograman? Apa pengalaman komputer Anda? Apakah Anda seorang pengguna komputer yang terampil? Pernahkah Anda menginstall beberapa perangkat lunak yang non-trivial? Apakah Anda bersedia untuk mulai belajar sedikit pemrograman jika itu akan membantu Anda dengan pekerjaan SAP?

Jika Anda dapat melakukan beberapa programming, Anda masih bisa menjadi developer (SAP dapat dibagi menjadi dua bagian: fungsional dan teknis. ok, itu berarti Anda dapat melakukan bagian teknis).

Jika Anda tidak dapat melakukan pemrograman apapun atau Anda tidak ingin, Anda masih dapat bekerja sebagai konsultan fungsional, manajer proyek atau konsultan bisnis. Konsultan fungsional disarankan untuk memiliki pengalaman domain yang kuat atau harus mencoba untuk mengumpulkan beberapa. Misalnya Anda seorang akuntan yang telah bekerja dengan sistem SAP untuk sementara waktu. Sekarang Anda dapat bergerak maju dan bukannya mengkonsumsi jasa konsultasi, Anda dapat menawarkan beberapa jasa konsultasi. Orang akan sangat senang jika Anda membantu mereka seperti Anda tergantung pada konsultan ketika Anda dalam posisi pengguna. Banyak konsultan fungsional yang handal memulai dengan pengalaman sebagai pengguna SAP lalu mampu melampaui itu dan menjadi konsultan.

Atau mungkin Anda memiliki keterampilan manajemen yang sangat kuat, Anda pandai manajemen waktu, anggaran dan negosiasi. Kemudian Anda dapat menjadi manajer proyek. Keterampilan-set manajer proyek bervariasi. Beberapa manajer proyek hanya melakukan sisi administrasi proyek dan memiliki mitra dalam memimpin tim, senior developer misalnya. Yang lain telah mengumpulkan beberapa pengalaman SAP dengan melakukan sales atau bahkan beberapa konsultasi sendiri. Anda hanya perlu tahu bahwa Anda mempunyai peran dan Anda dapat menjadi manajer proyek dengan latar belakang yang berbeda.

Jawaban C: Maaf, saya tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana perusahaan bekerja, saya tidak bisa melakukan pemrograman apapun. Saya tertarik dengan SAP dan ingin memahami SAP.

Maaf, akan sangat sulit untuk menjadi bagian dalam dunia SAP.

Mr Newbie, apa yang bisa Anda ceritakan tentang pengalaman kerja Anda?

Jawaban: Saya memiliki pengalaman di PT.X beberapa tahun.

Tidak peduli berapa lama pengalaman yang Anda miliki jika Anda ingin beralih ke bidang baru. Kadang-kadang penting agar memiliki pengalaman sebelumnya yang relevan untuk pekerjaan SAP, tapi, biasanya banyak orang-orang yang ingin memulai SAP namun tidak memiliki pengalaman yang relevan. Jika mereka akan memiliki satu, mereka tidak akan takut.

Hal itu akan menjadi penting jika pengalaman itu dalam pemrograman ( programmer yang terampil ) atau dalam beberapa domain masalah (seberapa cepat dapat memahami modul fungsional, MM, SD, SDM atau lainnya).

Mr Newbie, bisa Anda menggambarkan pengalaman Anda dengan SAP sejauh ini?

Jawaban A: Saya telah mendengar tentang SAP, tetapi tidak memiliki pengalaman hands-on. Saya punya beberapa pengalaman dengan vendor lain sistem ERP.

Anda harus mencoba menggunakan beberapa pengalaman sebelumnya di SAP. Hal ini dapat bervariasi. Hal ini tidak dapat diperkirakan dengan mudah apakah itu akan membantu Anda dengan awal yang baru di SAP.

Jawaban B: Saya memiliki pengalaman domain yang kuat tapi tidak ada pengalaman ERP dengan SAP atau sistem ERP lainnya.

Mungkin Anda harus menemukan beberapa dokumentasi SAP terkait dengan domain Anda dan mulai membaca beberapa dokumen pengantar. Itu akan memberi Anda gambaran singkat tentang apa yang dapat dilakukan SAP dan bagaimana hal tsb dilakukan dalam SAP. Selanjutnya Anda akan harus mencoba semua itu dengan tangan Anda dan dapat mengejar karir konsultasi.

Jawaban C: Saya memiliki pengalaman sebagai pengguna SAP. Saya bisa menghubungi dukungan SAP internal kami atau key-user ketika masalah muncul.

Bukan titik awal yang buruk untuk peran SAP. Terus maju!

Jawaban D: Saya pernah bekerja sebagai key-user, melatih SAP end-user, pengalaman dalam peran support.

Maka Anda pasti tahu pertanyaan yang perlu dijawab dan masalah yang perlu dipecahkan. Anda siap untuk peran SAP, Anda hanya perlu beberapa pengalaman teknis dan fungsional juga keterampilan.

Mr Newbie, dapatkah Anda sebutkan langkah-langkah untuk membantu Anda memulai profesi konsultan SAP.

A: Saya punya teman yang bekerja dengan SAP sebagai X.

Mungkin ini adalah pilihan terbaik untuk memulai SAP. Jika Anda akan mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan konsultan SAP, Anda mungkin akan mendapatkan akses ke berbagai sumber daya, tetapi tidak ada jaminan seseorang akan memiliki waktu untuk membantu Anda memulai, untuk menjawab pertanyaan Anda dan memecahkan masalah Anda. Jika Anda memiliki seorang teman, dia mungkin akan menemukan beberapa waktu  untuk membantu Anda. Dia akan membantu Anda mempelajari apa yang telah ia pelajari dengan cara yang sangat cepat.

B: Saya akan mengikuti pelatihan SAP.

Memang cara ini tidak murah. Jika Anda ingin memakai cara ini, pastikan bahwa program studi yang Anda pilih adalah yang paling tepat untuk Anda. Anda tidak memiliki jaminan berapa banyak hal yang Anda akan ingat setelah satu atau dua minggu setelah kursus (itu tergantung pada Anda. Maka Anda harus berusaha keras, dan jangan melupakan poin-poin penting). Jika Anda tidak memilih dengan baik, Anda akan menghabiskan waktu, uang dan tenaga secara sia-sia.

C: Saya akan mendapatkan beberapa demo / trial untuk memulai dengan SAP secara otodidak.

Itulah pendekatan pro-aktif! Ya, cari demo, dapatkan trial dan mulai bermain-main dengan hal itu. Jika Anda belum memiliki pengalaman SAP, coba memulai dengan MiniSAP (yang merupakan nama keren untuk Trial NetWeaver) adalah titik awal yang sangat baik. Instalasi tidak terlalu sulit, ada banyak video / dokumen tutorial menggunakannya.

D: Aku akan menemukan sebuah perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan SAP agar saya bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih cepat.

Itu adalah ide yang cukup bagus. Dalam sebuah perusahaan selalu ada seseorang yang dapat mengajarkan Anda dasar-dasar, Anda bisa mendapatkan akses ke berbagai sumber pengetahuan, bisa mendapatkan akses ke sistem telah dikonfigurasikan, bisa mendapatkan bantuan dari seorang rekan. Langkah pertama dalam lingkungan baru akan sekitar sepuluh kali lebih cepat. Anda dapat menggunakan learning by doing, Anda dapat mengikuti rekan yang lebih berpengalaman, yang akan memberi Anda tugas yang sangat sederhana di awal. Ia dapat memberi Anda lebih sulit setelah beberapa waktu dan cara ini membantu Anda membangun pengetahuan.

Hanya untuk memastikan. Anda tahu bahwa ada adik dari sistem SAP (berdasarkan NetWeaver) yang disebut SAP Business One? Ini adalah sebuah sistem untuk perusahaan kecil dan menengah dan dapat menjadi titik awal yang baik bagi sebagian orang. Silakan periksa bahwa jika Anda seperti ini atau memilih yang lebih besar.

Saya harap Anda telah menemukan beberapa petunjuk atau jawaban atas pertanyaan Anda dan membantu Anda memutuskan apakah Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan SAP dan / atau mencari sumber informasi atau orang-orang yang dapat membantu Anda memulai dengan masa depan yang cerah di SAP.

CMIIW, sumber

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s