Engineer as same as batman

Seperti judul diatas ,saya ibaratkan engineer adalah seorang batman yang aktifitasnya di malam hari .kenapa malam hari ?karena di siang hari adalah kerjaan end user.

Semua Device seperti,Router,Server Server dan Firewall serta yang namanya perangkat lebih banyak di oprek pada malam hari ,karena kalau menurut saya takutnya jika di oprek siang hari yang pertama masalahnya adalah bentrok sama kerjaan end user yang sedang menggunakan komputerisasinya yang mengakses ke server agar tidak terganggu.yang kedua untuk mengantisipasi kesalahan konfigurasi yang kita buat sehingga kalau lama gak solve bisa kita konfigure ulang dengan waktu yang relatif panjang,mungkin engineer yang lain berpendapat berbeda dari saya?

Kembali ke topik,saya sekarang ini bisa di bilang baru engineer level beginner belum medium atau profesional apalagi expert yang lingkup kerjanya hanya di Office kecil berbasis banking.ya cuma perusahaan kecil.dan kerjaanpun hanya menangani perangkat perangkat yang standar dimana perangkat perangkat belum ada perangkat Cisconya(padahal lagi tergila gila dengan cisco dan cita citanya CCIE dibeberapa trak heheh,mimpi nggak sih:D rasanya enggak mimpi bisa di realkan kok).

Beberapa perangkat yang saya Desain,Install ,Konfigurasi dan Maintenance antara lain Server DELL T110 yang di mesin Ini saya buatkan untuk File Sharing Server yaitu Service yang berisikan File File yang isinya kerjaan User.mesi ini saya bangun dengan Centos 5.7 Linux distro Redhat ,alhamdulillah aman,stabil dan lancar lancar saja,meskipun terjadi Crash pada aplikasi Maintenance yang ditaruh di server itu dulunya tapi sekarang aplikasi saya pindahin ke fisik Server lain.

Kedua adalah Dell Server T110 juga yang dibangun dengan CentOS Linux 5.7 ,server ini digunakan untuk Database dan Aplikasi Aplikasi Desktop dan Webbase .

Ketiga adalah Server Dell T110 yang digunakan untuk Mail Server dan Web Server,Server ini dibangun dengan Centos 5.4 ,Lumayan stabil dan belum pernah ada masalah yang berarti mudah mudahan juga lancar,selanjutnya saya juga pakai Server Dell Type Rack yang saya colo di Lintas Artha Data center ,Server tersebut digunakan untuk Aplikasi Aplikasi yaitu Aplikasi berbesis Web,karena membutuhkan Bandwith yang besar dan Kemananan yang lebih baik serta kestabilan  power listrik dan pertimbangan Lainnya.

Saya juga mempunya Server SMS Gateway yang digunakan untuk Aplikasi SMS Gateway,tujuannya adalah mengirimkan SMS dari Team Leader kepada Teknisi teknisi yang ada di Lapangan ,Server ini menggunakan HP yang jadul alias tempo doloe,karena fungsinya hanya SMS doang kok hehhe,

Dan Server -Server lain yang saya .tidak sebutkan semuanya.heheh

Perangkat perangkat Network yang saya gunakan adalah 2 Mikrotik Router yang saya gunakan untuk Gateway Server,BW MAngement dan firewall .untuk perangkat switch saya gunakan 3 Com dan Dlink untuk beberapa Device dan ditambah beberapa Acees point untuk menguatkan sinyal wireless dari Perangkat Wireless utama.

tadi malam adalah waktu batmanku ,sore hari sepulang dari Harco mangga dua beli perangkat Headset untuk Karyawan Call center ada 1 router mikrotik yang tidak bekerja dengan baik ,karena bandwith tidak bisa diteruskan ke komputer user,wahh masalah nih,,kemudian saya coba login ke Mikrotik tersebut ternyata username dan passwordnya failed ,waduhhh gila kenapa ya??udah coba otak atik ternyata gak bisa login juga akhirnya nyerah nih harus dikonfigure ulang huhhh…

bersambung ….

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s