Mau usaha tak punya modal ?

Kerap kali kita mendengar seseoarang jika ditanya kenapa gak usaha saja ? jawabannya saya tidak punya modal. Saya sering mendengar dan termasuk saya mungkin mengatakan demikian.Nah coba kita renungkan kalau status kita adalah pegawai dan kita adalah bener bener pegawai tulen(pegawai yang pengahasilan netto dari gajian) tentunya kita akan sangat lama sekali untuk mengumpulkan modal yang ada adalah tidak jadi Usaha walaupun kita sudah berusaha menabung (ternyata menabung bukan cara yang tepat untuk ngumpulin modal)

.

Dalam hal ini saya tidak mengatakan untuk usaha tidak butuh modal sama sekali tetapi membangun usaha dengan modal seadanya. Berikut beberapa petunjuk yang bisa kita ikuti:

1.Membuat produk lalu menjualnya

Produk apapun itu yang anda buat jual aja, tentunya dengan kualitas produk anda yang bagus sehingga orang akan mempertimbangkan untuk membeli produk anda. Jika produk anda ternyata laku di pasaran lakukan tambah produk yang anda buat misal awalnya anda membuat 10 barang ternyata hari demi hari permintaan meningkat hinggal dalam seminggu pasar membutuhkan 50 barang , maka bergegaslah tanggap terhadap pasar ,produksilah lebih dan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan .ingat pesan saya “Jangan turunkan KUALITAS barang anda.

2.Menjual Jasa anda

Setiap manusia pada dasarnya punya keahlian masin-masing, keahlian apapun itu entah itu yang sepele maupun keahlian tertentu (high skill). Anda bisa menjual keahlian/jasa anda kepada orang lain, tawarkan kepada orang bahwa anda bisa membantu dia dengan baik sehingga anda dapat bayaran darinya. misalnya jasa penerjemah, jasa mengemudi, jasa marketing dan apapun itu.

3.Jual kembali barang anda yang sudah tidak terpakai

Anda pasti punya barang yang sudah tidak anda pakai karena suatu hal misal, karena sudah sesak , karena anda sudah punya barang baru dsb, mulailah anda untuk mensortir barang anda yang layak anda jual karena anda sudah tidak membutuhkannya, juallah agak murah tentunya karena barang bekas, tapi itu nggak masalah karena darinya anda akan menghasilkan uang, right ?

4.Jual produk orang lain

Ya benar , anda bisa menghasilkan uang dengan menjualkan produk orang lain tanpa anda mengeluarkan uang sedikitpun, misal : Toko sepatu yang memberikan dropsip,reseller . Anda tidak harus beli sepatu dulu darinya , melainkan anda jualkan dagangan sepatunya dan anda akan memperoleh keuntungan berapa % darinya, Nah jika anda berhasil menjualkan banyak sepatu sekarang anda sudah punya banyak uang, selanjuntnya pikirkan mau usaha apa anda ?..

demikian tips dari saya dan salam action,

One thought on “Mau usaha tak punya modal ?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s